Mei 06, 2008

Biarkan Senyum Kita Menjadi Bahagia Mereka


Setiap muslim memiliki hak yang harus ditunaikan untuk saudaranya. Dalam posisinya sebagai makhluk sosial, berinteraksi dengan sesama tak bisa dikesampingkan. Ada kalanya memberi, dilain waktu kita menerima. Ada saat-saat kita dibuat tersenyum bahagia oleh saudara kita, sebagai imbalannya tentukita ingin membuat orang lain bahagia. Nah, bagaimana sih sebenarnya tips yang mesti dikembangkan agar saudara kita bahagia?

  1. Muka Berseri

    Janganlah sedikit pun kamu menyepelekan kebaikan meski (hanya) dalam bentuk menjumpai saudaramu dengan wajah yang berseri-seri .” (HR. Muslim)

  2. Memberi Nasehat

    Memberi nasehat menjadi bukti perhatian dan kecintaan seseorang kepada orang lain. Karenanya, seseorang tidak bisa melupkan kebaikan saudara yang telah menasehatinya dalam ketaatan kepada Allah SWT. Disitulah makna kebahagiaan dan pertemanan tersa manis.

  3. Memenuhi Undangan

    Memenuhi undangan bisa menambah rasa cinta, kasih sayang dan ketulusan jiwa diantara sesama.

  4. Menjenguk Orang Sakit

    Menjenguk orang sakit merupakan perbuatan yang dapat membahagiakan hati sesama muslim, dapat meringankan beban yang dideritanya dan mengingatkannya untuk tetap bersabar dengan ujian yang sedang dialami.

  5. Tidak Membebani Orang Lain

  6. Membayarkan Hutang

  7. Berdo'a

    Diantara hal yang harus dimiliki setiap muslim adalah rasa peduli kepada sesama dengan selalu mendoakan mereka, baik yang masih hidup maupun mereka yang telah berpulang. Rasulullah SAW bersabda, “ Doanya seorang muslim untuk saudaranya muslim yang lain tanpa sepengetahuannya adalah tidak ditolak “ (HR. Al Bazzar dengan sanad shahih)

Taken From Elfata

Tidak ada komentar: